5 Cara agar Tidak Marah atau Sakit Hati Lagi terhadap Seseorang

Endah Wijayanti05 Sep 2022, 18:45 WIB
Diperbarui 05 Sep 2022, 18:45 WIB
cinta ibu dan gaji pertama

Fimela.com, Jakarta Dalam hidup ini, kadang kita dipertemukan dengan orang yang melukai hati kita. Seseorang yang tadinya begitu dekat dan tampak begitu kita sayangi bahkan bisa membuat kita marah dan sakit hati karena perubahan atau sikapnya. Apalagi ketika menjalin sebuah hubungan yang tadinya begitu penuh cinta, lalu berakhir dengan perpisahan yang tidak kamu inginkan, rasa kesal dan marah bisa cukup mengganggu keseharianmu.

Untuk meredakan rasa marah dan menyembuhkan luka hati jelas butuh waktu. Bahkan prosesnya bisa berbeda pada tiap orang. Berikut ini lima cara sederhana yang bisa dicoba untuk bantu redakan marah dan sakit hati terhadap seseorang.

 

 

1. Terima Perasaan yang Ada

cinta ibu yang sudah tiada
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Chankowet

Agar bisa berdamai dan meredakan rasa tak nyaman perlu menerima dulu semua yang ada. Perasaan marah, kesal, dan sakit hati yang kamu rasakan semuanya valid. Jadi, terima dulu semuanya supaya bisa mengalir dan nantinya bisa lebih mudah dilepaskan lagi.

 

 

2. Bersihkan Ikatan

cinta ibu mertua
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Makistock

Mengutip buku Bagaimana Mengobati Patah Hati, bila kita patah hati, usaha kita mengelola rasa sakit emosional bisa mendorong kita membuat keputusan-keputusan yang mengurangi rasa sakit dalam jangka pendek tapi menambahnya dalam jangka panjang. Menghindari tempat atau orang yang membuat kita patah hati mungkin hanya memberi efek tenang sementara. Agar hati bisa lebih tenang dan ikhlas, bisa coba untuk mendatangi kembali tempat-tempat yang pernah menghadirkan kenangan dalam keadaan berbeda. Mengunjungi kembali tempat-tempat yang dulu pernah menghadirkan kebersamaan dengan hati yang berbeda bisa bantu membersihkan ikatan. Hal ini bisa bantu mendamaikan hati dan perasaan.

 

 

3. Meluangkan Waktu Berlibur Sendirian

cinta ibu dan sebelas tahun lalu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/CandyRetriever

Mengeksplorasi tempat baru membuka kesempatan untuk mencoba lebih banyak hal baru. Mulai dari mencoba kuliner baru, menjelajah tempat baru, hingga berinteraksi dengan orang-orang baru. Dengan begini, kita tidak akan terpuruk terlalu lama dalam kesedihan atau rasa marah terhadap seseorang. Sebab ada banyak hal menyenangkan yang masih bisa dilakukan dalam hidup.

 

 

 

 

4. Hadirkan Lebih Banyak Maaf

aku uang dan bijak pakai uang
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Chakkrit

Saat seseorang melukai kita, sepintas mungkin kita ingin membencinya. Akan tetapi, kebencian adalah emosi yang kuat dan berbahaya yang membuatmu sulit merasakan kedamaian. Luka emosional seperti itu tidak dapat sembuh selama kamu menahan rasa sakit. Jadi, satu cara terbaik agar bisa sembuh dari luka hati adalah memaafkan. Hadirkan lebih banyak rasa maaf di dalam hati. Maafkan diri sendiri juga maafkan orang yang telah melukai dirimu agar hati lebih lapang dan tidak lagi ada amarah di dalam hati.

5. Buat Perubahan Baru untuk Diri yang Lebih Baik

aku uang dan perempuan santai
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Tong_stocke

Daripada menghabiskan lebih banyak waktu dalam rasa marah dan sakit hati, mending alihkan energimu untuk melakukan hal yang lebih baik. Membuat perubahan baru dalam hidup bisa menjadi semacam membuka lembaran baru kehidupan yang lebih baik. Perubahan penampilan atau kebiasaan bisa membantu kita untuk menjalani hidup dengan lebih bersemangat.

Semoga apa pun rasa marah atau sakit hati pada seseorang yang kamu rasakan bisa segera luruh, ya. Tetaplah jalani hari dengan senyum dan ciptakan kebahagiaan baru yang lebih baik untukmu.

 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela