5 Cara Kuatkan Diri saat Gebetan Malah Menjauhimu

Endah Wijayanti14 Sep 2022, 11:45 WIB
Diperbarui 14 Sep 2022, 12:10 WIB
surat ayah dan berjauhan

Fimela.com, Jakarta Ketika ada seseorang yang kita suka, ada keinginan kita bisa lebih mengenalnya dan mendekatinya lagi. Ada harapan perasaan kita juga akan dibalas olehnya. Namun, bagaimana jika gebetan yang didekati malah makin menjauh?

Mempersiapkan diri menghadapi cinta yang tak berbalas memang tak mudah. Kalau gebetan malah tampak menjauh, sepertinya memang tak ada alasan untuk mempertahankannya lagi. Saatnya untuk melepasnya dan kembali menguatkan diri dan hati lagi.

 

 

 

 

1. Terima Realitas yang Ada

surat ayah dan putri yang keras kepala
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/uniqueshutter

Realitas yang ada perlu diterima apa adanya. Saat gebetan malah menjauhimu dan kamu merasa sudah tak punya harapan untuk bisa mengenalnya lebih dekat, maka kenyataan yang ada perlu diterima apa adanya. Meski pahit dan getir, realitas yang ada sudah semestinya diterima dengan hati yang lebih lapang.

 

2. Tak Perlu Menyalahkan Diri Sendiri

surat ayah dan potongan cerita
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Vanatchanan+Buahom

Mungkin kamu merasa telah salah mencintai seseorang atau salah mengharapkan seseorang. Sebelum makin tenggelam dalam rasa bersalah, ada baiknya untuk berdamai dengan keadaan. Tak perlu menyalahkan diri sendiri terlalu dalam. Mungkin memang ada kesalahan yang tak perlu diulangi lagi, tetapi tak harus menyalahkan diri sendiri. Mengutip buku Merawat Luka Batin, mengevaluasi kesalahan diri berbeda dengan tenggelam dalam menyalahkan diri sendiri. Menyalahkan diri sendiri hanya akan memperparah luka di hati.

3. Kuatkan Tekad untuk Menyudahi Perasaan

surat ayah dan dear
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/K-Angle

Berhenti menyukai orang yang sudah lama ada di hati tak selalu mudah. Namun, tekad kita bisa lebih kuat untuk membuat keadaan jadi lebih baik. Kuatkan lagi tekad untuk menyudahi perasaan yang berlebihan. Dia yang menjauh biarlah menjauh. Tak perlu digenggam atau dipertahankan terlalu lama lagi. Pertegas dengan kata-kata yang diucapkan pada diri sendiri, "Baik, aku akan menyudahi perasaan ini dan akan melanjutkan hidup dengan senyuman baru."

 

 

 

 

4. Sayangi Diri Sendiri Lebih Dalam Lagi

surat ayah dan tanpa hadirmu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/shisukaa

Fokuskan lebih banyak waktu dan energi untuk merawat diri sendiri lagi. Sayangi diri sendiri lebih dalam lagi. Selama ini sudah banyak hal yang kamu lakukan untuk orang lain. Kini, waktunya untuk melakukan lebih banyak hal untuk diri sendiri. Cintai dan sayangi diri sendiri lebih dalam lagi demi hidup yang lebih indah lagi.

5. Perkuat Harapan Baik

surat ayah dan titip rindu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Kanyanat+Kasemsook

Gebetanmu mungkin menyukai perempuan lain, doakan saja yang terbaik untuknya. Serta dirimu saat ini mungkin masih butuh waktu lagi untuk menemukan orang yang lebih tepat, perkuat doa dan harapan yang baik juga untuk dirimu. Kamu sudah bertahan hingga kini, dan ini sudah menjadi pencapaian tersendiri. Terima kasih sudah berani membuka hati pada seseorang, walaupun mungkin tak berbalas tapi setidaknya kini kamu bisa tersenyum lagi.

Dia yang menjauh, relakan dan ikhlaskan saja. Kini, mendekatlah lagi dengan dirimu sendiri dan cintai diri sendiri lebih dalam lagi sebab dirimu berharga.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela