5 Ciri-Ciri Istri yang Tidak Pantas Dipertahankan Menurut Islam

Kezia Prasetya Christvidya20 Sep 2022, 09:02 WIB
Diperbarui 20 Sep 2022, 09:02 WIB
ramadan perempuan hijab marah

Fimela.com, Jakarta Setiap hubungan rumah tangga, pasti ingin memiliki kehidupan yang harmonis dan penuh kasih. Keluarga yang harmonis akan tercipta, jika pasangan suami istri memiliki kecocokan dan komunikasi yang baik. Sebenarnya pertengkaran kecil adalah hal yang wajar di keluarga, tapi pertengkaran yang sering terjadi akan membuat keluarga menjadi pecah.

Tak selalu suami yang menjadi sumber masalah dalam keluarga. Seorang istri juga bisa menyebabkan pertengkaran dan perpecahan di keluarga. Bahkan menurut Islam, ada beberapa ciri-ciri istri yang tidak pantas dipertahankan.

Selain membuat hubungan rumah tangga menjadi tidak harmonis, sikap istri yang tidak sesuai dengan Islam, bisa menyebabkan rezeki suami menjadi seret. Hal ini sering kali tidak disadari dalam hubungan rumah tangga. Berikut ciri-ciri istri yang tidak pantas dipertahankan menurut Islam:

Ciri-Ciri Istri yang Tidak Pantas Dipertahankan Menurut Islam

angry-kezo
Ilustrasi Ciri-Ciri Istri yang Tidak Pantas Dipertahankan Menurut Islam/Copyright shutterstock.com/id/g/Makistock

1. Tidak Taat dengan Suami

Sebagai seorang suami, memiliki kewajiban untuk membimbing istri ke jalan yang benar. Namun jika seorang istri tidak taat dengan suami, hal ini merupakan ciri-ciri bahwa istri tidak pantas untuk dipertahankan. Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam bersabda bahwa:

قِيلَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ النِّسَاءِ خَيْرٌ قَالَ الَّتِي تَسُرُّهُ إِذَا نَظَرَ وَتُطِيعُهُ إِذَا أَمَرَ وَلَا تُخَالِفُهُ فِي نَفْسِهَا وَمَالِهَا بِمَا يَكْرَهُ

Artinya:

“Pernah ditanyakan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Siapakah wanita yang paling baik?” Jawab beliau, “Yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, mentaati suami jika diperintah, dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuat suami benci.” (HR. An-Nasai dan Ahmad)

Dalam hadist yang lain, Shalallahu Alaihi Wassalam bersabda bahwa:

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِى الْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

“Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.” (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban)

Ciri-Ciri Istri yang Tidak Pantas Dipertahankan Menurut Islam yang Selanjutnya

angry-kezo
Ilustrasi Ciri-Ciri Istri yang Tidak Pantas Dipertahankan Menurut Islam/Credit: pexels.com/pixabay

2. Selalu Menuntut

Perilaku selalu menuntut dan tidak pernah bersyukur adalah sikap yang tidak disukai oleh Allah. Istri yang selalu menuntut akan kesempurnaan dan kelimpahan dalam keluarga, adalah ciri-ciri istri yang tidak pantas dipertahankan. Dalam sebuah keluarga, tentu saja ada kelebihan dan kekurangan di dalamnya. Seharusnya hal ini dikomunikasikan dengan baik dan tidak menuntut secara berlebihan.

3. Cemburu Buta

Cemburu memang sangat normal terjadi dalam sebuah hubungan. Namun, sebaiknya cemburu dengan batas yang wajar dan tidak selalu curiga. Karena cemburu yang berlebihan akan membuat hubungan menjadi tidak nyaman, dan suami menjadi tertuduh akan perbuatan yang tidak dilakukannya. Hal ini bisa menyebabkan kedurhakaan istri kepada suami.

Ciri-Ciri Istri yang Tidak Pantas Dipertahankan Menurut Islam yang Terakhir

angry-kezo
Ilustrasi Ciri-Ciri Istri yang Tidak Pantas Dipertahankan Menurut IslamCredit: pexels.com/Ginnie

4. Terlalu Sibuk dengan Kegiatan di Luar Rumah

Sebenarnya tidak ada salahnya jika seorang istri memiliki kesibukan lainnya. Namun, seorang istri harus tetap ingat dengan kewajibannya di rumah. Jangan sampai sibuk dengan urusan lain dan mengabaikan keluarganya.

5. Tidak Menjaga Penampilan

Ciri-ciri istri yang tidak pantas dipertahankan yang selanjutnya, yaitu seorang istri yang tidak menjaga penampilannya. Walaupun sangat sibuk dengan urusan di rumah, sebaiknya tetap menjaga penampilan agar terlihat cantik dan bersih. Sehingga suami akan betah melihat istri dengan penampilannya yang mempesona. Jangan malah tampil cantik untuk orang lain dan lupa menjaga aurat di luar rumah.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela