Bikin Hati Mudah Terluka, Ini 6 Tipe Hubungan Buruk yang Perlu Kamu Hindari

Gayuh Tri Pinjungwati21 Sep 2022, 09:15 WIB
Diperbarui 21 Sep 2022, 09:15 WIB
couple

Fimela.com, Jakarta Ada beberapa kualitas hubungan yang baik dan banyak orang dapat dengan mudah mengetahui apakah mereka bersama orang yang tepat atau tidak. Yang sulit dan sering membingungkan untuk diketahui, bagaimanapun, adalah karakteristik aktual dan deskripsi yang jelas dari hubungan yang buruk.

Cinta itu buta dan ini bisa menimbulkan bahaya terutama bagi orang-orang yang terlalu dibutakan oleh hasrat mereka terhadap pasangan sehingga tidak peduli seberapa beracun dan merusak hubungan mereka, mereka tidak dapat menyadarinya sampai sudah terlambat.

Nah, berikut ini adalah ada beberapa tipe hubungan yang buruk tentunya juga perlu kamu hindari. Apa saja itu? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Hubungan yang terus-menerus beracun

Hubungan yang penuh gairah yang salah dapat dengan mudah memunculkan harapan buruk dalam batin dalam diri kita. Meskipun normal bagi pasangan untuk membentak dan merasa marah selama pertengkaran, sudah menjadi racun jika konfrontasi intens ini terjadi setiap hari.

2. Hubungan dengan pasangan yang sangat mengontrol

Apakah kamu menemukan dirimu tidak dapat melakukan hal-hal yang kamu sukai, mengenakan pakaian yang kamu inginkan, atau bahkan menghadiri acara sosial hanya karena kamu tidak ingin pasanganmu marah kepadamu?

Yang terpenting, apakah kamu mendapati dirimu tidak mampu membuat keputusan sendiri dan menjalani gaya hidup yang kamu inginkan karena pasanganmu? Jika kamu menjawab ya bahkan untuk setengah dari pertanyaan ini, maka kamu bukan orang yang tepat.

3. Hubungan yang harus dirahasiakan

couple
Ilustrasi pasangan selingkuh/copyrightshutterstock/polkadot_photo

Apakah kamu menjalin hubungan rahasia dengan seseorang? Apakah teman dan bahkan anggota keluarga dekatmu tahu bahwa kamu benar-benar berkencan dengan orang ini? Kamu berada dalam hubungan yang buruk jika pasanganmu tidak ingin kamu mengakui dirimu di depan umum.

Jika kamu berada dalam suatu hubungan yang harus dirahasiakan, bahkan kepada orang-orang terdekat dalam hidupmu, maka itu pertanda bahwa ada sesuatu yang benar-benar salah. Mungkin pasanganmu tidak terlalu bangga bahwa kamu berkencan? Atau bagaimana jika cinta dalam hidupmu menyembunyikan sesuatu darimu?

4. Hubungan yang kasar secara fisik dan emosional

Benar-benar mencintai seseorang berarti melakukan segala daya untuk melindungi pasangan dan melindungi mereka dari bahaya, baik secara fisik maupun emosional. Namun, jika kamu berada dalam hubungan yang buruk, kamu akan menemukan diri menderita dan terluka, bukan karena orang lain, tetapi karena orang yang seharusnya menjagamu.

Ada berbagai jenis pelecehan, fisik dan emosional. Belajarlah untuk mengetahui kapan cukup sudah cukup dan lakukan sesuatu sebelum terlambat.

5. Hubungan yang bebas dan “terbuka”

Ya, label bukanlah segalanya dalam hal cinta, tetapi hubungan terbuka dapat menimbulkan trauma emosional terutama jika kamu adalah tipe orang yang menghargai komitmen atau jika ini adalah pertama kalinya kamu memilikinya.

Sementara beberapa hubungan terbuka berhasil, itu bukan dasar yang baik untuk menciptakan kemitraan jangka panjang dengan seseorang. Jika kamu ingin menghabiskan sisa hidupmu dengan orang ini, kamu harus menetapkan aturan dengan bersikap setia satu sama lain.

6. Hubungan yang stagnan dan tidak berkembang

Berada dalam suatu hubungan akan membantumu tumbuh sebagai pribadi dan sebagai pasangan. Hubungan yang buruk akan membatasi pertumbuhanmu atau mencegahmu mencapai tujuan pribadimu.

Well, jangan melajutkan hubungan jika kamu berada dalam tipe hubungan di atas, karena akan cenderung lebih mudah merasakan sakit hati yang teramat dalam. 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela