Saatnya Move On, Ikuti 5 Cara Membuka Hati untuk Orang Baru

Senjie Nuraini20 Sep 2022, 12:20 WIB
Diperbarui 20 Sep 2022, 12:48 WIB
santai minum kopi

Fimela.com, Jakarta Ketika hubungan yang kamu jalin sudah berakhir, maka tidak ada gunanya untuk terus menerus bersedih dan meratapi hal yang sudah terjadi. Oleh karena itu, inilah saatnya untuk move on dari beralih pada orang baru dalam hidupmu.

Namun kadang kala terasa sulit untuk mencoba memulai hubungan dengan orang baru. Hal ini sebenarnya wajar, apalagi jika hubunganmu sebelumnya berlangsung selama bertahun-tahun. Tentunya bukan hal yang mudah untuk melupakan kenangan seseorang yang telah bersama denganmu dalam waktu yang lama.

Namun kamu perlu ingat bahwa kamu tinggal di masa sekarang, bukan di masa lalu. Jadi memang kamu harus berusaha sebisa mungkin untuk melupakan kenangan tentangnya dan berusaha menjalani hidup yang lebih baik dengan orang yang lebih baik pula.

Ada beberapa cara agar kamu bisa membuka hati untuk orang baru dalam hidupmu. Berikut beberapa cara membuka hati untuk orang baru yang bisa kamu ikuti. 

Cara Membuka Hati untuk Orang Baru

pasangan cinta
ilustrasi/Copyright shutterstock/oneinchpunch

1. Sembuhkan Luka Lama

Cara untuk membuka hati untuk orang baru adalah sembuhkan lukamu terlebih dahulu. Kamu tidak bisa menerima orang baru dalam hidupmu jika kamu masih merasa terluka karena seseorang di masa lalu atau rasa traumamu masih ada.

Lukamu yang belum sembuh ini justru bisa membuat orang lain jadi ikut terluka atau bahkan mengalami luka yang lebih serius daripada luka yang kamu alami. Oleh karena itu, daripada kamu melukai orang lain juga, lebih baik sembuhkan dulu luka atau trauma yang kamu alami.

2. Jangan Terburu-buru

Ingatlah jangan pernah terburu-buru untuk memulai hubungan baru dengan orang lain jika kamu baru saja mengakhiri hubunganmu yang sebelumnya. Terburu-buru hanya akan membuat kesan kalau hubunganmu dengan orang baru ini hanyalah sebagai pelampiasan rasa sakit hatimu karena hubunganmu sebelumnya.

3. Fokuskan Diri Padanya

Setelah kamu menyelesaikan rasa sakit hatimu, maka ini saatnya untukmu fokus padanya. Jangan lagi menengok ke belakang atau mengingat lagi orang di masa lalumu.

Perhatikan dia yang datang untuk membahagiakanmu. Cobalah untuk fokus padanya saja dan perhatikan ketika dia berusaha mendekatimu.

Cara Membuka Hati untuk Orang Baru

couple kencan
ilustrasi/copyright unplash.com/Huy Phan

4. Kenali Dirinya

Apa yang kamu lakukan jika ingin memahami kehidupan orang yang baru saja datang di hidupmu? Tentu saja berkenalan. Maka cobalah untuk mengenali dirinya.

Tidak hanya nama atau fisiknya saja, namun kamu juga perlu mengetahui kepribadian atau sifatnya. Mungkin saja ada kepribadian atau sifatnya yang ternyata cocok denganmu. Dari sini kamu bisa jadi cocok menjadi pasangannya.

5. Habiskan Waktu Bersamanya

Tidak hanya mengenali dirinya saja, namun cobalah untuk menghabiskan waktu bersamanya. Jika dia menawarimu untuk pergi berdua saja, jangan tolak ajakan itu. Bisa saja dari situ kamu jadi lebih dekat dengannya dan kamu bisa menemukan kecocokan antara kamu dan dia.

Itulah 5 cara membuka hati pada orang baru. Sebelum melakukan semua hal itu, pastikan kamu sudah selesai dengan masa lalumu ya, Sahabat Fimela.

Lanjutkan Membaca ↓