5 Pertanda Kamu dan Pasangan Menjalani Cinta Sejati

Febi Anindya Kirana20 Sep 2022, 17:15 WIB
Diperbarui 20 Sep 2022, 17:15 WIB
pasangan cinta bahagia romantis

Fimela.com, Jakarta Cinta sejati pasti sulit didapatkan. Bahkan orang yang sudah pacaran lama kemudian memutuskan untuk menikah juga belum tentu bisa bertahan dalam pernikahan. Lalu seperti apa sebenarnya cinta sejati dan bagaimana cara mengetahuinya bahkan kita sedang menjalani cinta sejati dengan pasangan? Cek apakah dalam hubungan cintamu memiliki sekian tanda ini.

1. Tidak merasa sesak

jatuh cinta kencan
ilustrasi pasangan bahagia/YAKOBCHUK VIACHESLAV/Shutterstock

Dalam hubungan cinta pasti ada jenis cinta yang menyesakkan bukan? Memberikan cinta tapi disertai juga dengan banyak batasan, aturan dan bahkan tuntutan. Tapi kamu dan dia tidak merasakan cinta kalian menyesakkan. Kalian tetap bisa merasa mandiri dan menjalani kehidupan pribadi yang utuh meski menjalani hubungan cinta yang serius. Cinta itu tidak mencekik, justru menenangkan dan mendamaikan hati.

2. Rasa itu transparan

pasangan pacaran bahagia
ilustrasi pasangan cinta/TimeImage Production/Shutterstock

Bagaimana menggambarkan perasaan cinta yang transparan? Perasaan cinta sejati dimiliki oleh dua orang jatuh cinta yang tidak merasa perlu untuk menyembunyikan apa yang mereka anggap sebagai keburukan dari kepribadiannya. Kamu dan dia menjadi diri kalian apa adanya, saling menerima dan mengenal sisi-sisi berbeda dari satu sama lain. Kamu tahu ia bisa sangat menjengkelkan ketika marah, atau ia tahu kamu bisa sangat mengesalkan ketika sedang keras kepala. Tapi kalian menerima itu, dan cinta itu tidak berkurang.

3. Saling menghormati

pasangan cinta bahagia
ilustrasi couple romantis/vichie81/Shutterstock

Dia memang bukan atasanmu, dan kamu bukan majikannya. Tapi kalian bisa saling respek dengan kepentingan masing-masing, kepribadian satu sama lain dan tidak saling menjatuhkan. Dia jatuh cinta padamu karena dia benar-benar mengagumi dan menghormatimu apa adanya, begitu pula kamu padanya. Cinta sejati tidak terkikis oleh kekurangan satu sama lain. Dan dua orang yang terikat cinta sejati tidak akan merendahkan atau meremehkan satu sama lain.

4. Peduli kebahagiaan satu sama lain

couple bahagia cinta
ilustrasi pasangan hidup/Atitaph_StockPHoTo/Shutterstock

Cinta sejati tidak akan menghalangi kebahagiaan satu sama lain. Jika dia adalah cinta sejatimu, maka tak terbayangkan sedikit pun ia bisa menyakitimu dengan cara apa pun. Ia akan berusaha melindungi, menjaga dan merawatmu. Ia akan khawatir apakah kamu baik-baik saja atau tidak, mengalami hal yang buruk di kantor seharian tadi atau tidak, dan lain sebagainya. Kamu juga merasa bahagia ketika dia bahagia. Kebahagiaan satu sama lain menjadi kebahagiaan bersama.

5. Melalui pasang surut kehidupan bersama

pasangan cinta
ilustrasi couple romantis bahagia/Shchus/Shutterstock

Satu hal lagi yang membedakan cinta sejati adalah bertahan dalam suka dan duka. Tampak klise tapi ini benar adanya. Jika dia hanya ada saat kamu cantik dan seksi, dia bukan cinta sejatimu. Jika kamu hanya menyukainya saat dia punya jabatan dan uang banyak, kamu tak mencintainya secara sejati. Cinta sejati adalah ketika kalian bisa menjadi support system satu sama lain. Komitmen itu kuat tak peduli seberap besar badai menghujam.

Cek apakah kamu memiliki sekian kriteria di atas, jika kamu menemukan semuanya, bisa dibilang kamu sedang menjalani cinta sejati.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela