5 Tanda Dia adalah Calon Suami yang Tepat Untukmu

Febi Anindya Kirana25 Sep 2022, 17:45 WIB
Diperbarui 25 Sep 2022, 17:45 WIB
couple romantis bahagia

Fimela.com, Jakarta Menjalani hubungan cinta seringkali bukan hanya soal kecocokan hati dan rasa, tapi juga sifat dan kebiasaan. Apalagi jika kamu ingin menjadikan seorang pria sebagai suamimu untuk sekali umur hidup. Tapi bagaimana kita bisa mengetahui bahwa seorang pria bisa menjadi calon suami yang tepat untuk kita? Mungkin sekian pertanda ini bisa membantumu menentukannya.

1. Menepati ucapannya

Partner romantis
Ilustrasi/copyrightshutterstock/ME Image

Kata-kata tidak sekadar omong kosong belaka, janji selalu diikuti dengan aksi nyata, itulah salah satu ciri sikap pria baik dan tepat dijadikan calon suami. Jika kamu menemukan pria yang ucapannya bisa dipegang dan dipercaya, maka kamu bisa melihat bahwa ia juga memiliki tanggung jawab secara moral karena apa yang dikatakannya sejalan dengan apa yang dilakukannya.

2. Tidak berpura-pura

Partner romantis
Ilustrasi/copyrightshutterstock/gowithstock

Jangan menjalin cinta dengan pria yang penuh kebohongan atau suka menyembunyikan sesuatu. Sulit mengenali pria yang memiliki banyak rahasia meskipun ia pernah berkata akan serius menikahimu. Kamu tidak pernah tahu apa yang isi hati dan kepalanya karena ia belum bisa jujur dan percaya sepenuhnya padamu. Apakah ia memasang topeng untuk membuatmu terkesan atau ada maksud lain? Jaim boleh saja di awal-awal kenalan, tapi tidak untuk jenjang pernikahan.

3. Meyakini kesetaraan gender

Partner romantis
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Prostock-studio

Penting sekali menjalin cinta dengan pria yang memercayai kesetaraan gender. Bagaimana pun, kamu tidak akan mau menikah dengan pria yang terlalu patriarki, menganggap dirinya superior, suka meremehkan perempuan, yang memintamu keluar dari pekerjaan sedangkan gajinya pas-pasan hanya karena ia merasa perempuan harus di rumah saja. Pria yang tak bisa menghargai perempuan sebaiknya tak dijadikan calon suami.

4. Mudah memaafkan

Partner romantis
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Supagrit Ninkaesorn

Bagaimana kamu tahu sedang jatuh cinta pada pria yang tepat? Dari kemampuannya memaafkan. Dia adalah pria yang cocok dijadikan calon suami jika punya sifat mudah memaafkan, tentunya dalam batasan yang wajar. Dia bukan pria yang akan ngambek berhari-hari tak mau dihubungi karena kamu melakukan kesalahan kecil, atau pria yang suka marah-marah karena prinsipmu tak sama dengannya. Mampu mengatakan "maaf" adalah nilai tambah yang besar, tapi mampu memaafkan adalah syarat wajib jika menginginkan suami yang akan membuat hatimu tenang.

5. Saling menghormati

Partner romantis
Ilustrasi/copyrightshutterstock/chaponta

Mutual respect itu penting. Banyak penelitian sudah membuktikan bahwa hanya pasangan yang mampu saling menghormati dan menghargailah yang memiliki hubungan pernikahan paling awet dan bahagia. Rasa hormat bukan tentang segan di depan pasangan seakan dialah yang memiliki kendali lebih di dalam hubungan, tapi mampu saling menerima dan memberi ruang kepada satu sama lain untuk berkembang. Menciptakan rasa saling menghormati dan menghargai adalah fondasi hubungan cinta yang sehat.

Jika kamu menemukan semua tandi di atas, yakinlah ia adalah calon suami yang tepat.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela