Sukses

Relationship

6 Tanda Kamu Belum Siap Menikah, Jangan Buru-buru Pikirkan dengan Matang!

Fimela.com, Jakarta Menikah bisa menjadi impian bagi setiap orang. Apalagi jika kamu menikah dengan seseorang yang kamu cintai. Menikah bukan perkara mudah, dan bukan akhir dari setiap perjalanan kehidupan. Justru pernikahan adalah awal kehidupan baru antara kamu dan pasangan.

Tak jarang, beberapa orang masih saja ragu untuk melanjutkan hubungan pernikahan, karena banyak alasan. Terkadang kamu merasa yakin, tapi di waktu tertentu kamu juga merasa belum siap. Menikah hanya karena tekanan orang sekitar atau mengakhiri status lajang itu berarti sebenarnya kamu belum siap menikah. Menikah adalah ikatan yang sakral yang perlu kamu jaga hingga akhir hidup. 

Lalu seperti apa sih tanda lain dari orang yang belum siap menikah? Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Kamu Baru Mengenal Pasanganmu

Baru mengenal pasangan dan bahkan kamu tidak bisa berhenti memikirkannya. Kamu tidak pernah ingin berada jauh dari sisinya. Selama tahun pertama, kamu berada di tahap tergila-gila dalam hubungan. Ini tidak pasti bahwa kamu akan menikahi pasanganmu suatu hari nanti. Tetapi kamu perlu waktu untuk mempelajari lebih lanjut tentangnya sebelum berkomitmen pada mereka. Selama tahun pertama, semuanya terlihat menyenangkan. Beberapa bulan kemudian, kamu dapat menemukan diri ragu akan pernikahan.

2. Tidak Menyelesaikan Konflik dengan Baik

Jika pola penyelesaian konflik pasanganmu adalah satu orang mengalah pada yang lain hanya untuk menjaga perdamaian, itu tandanya kamu belum siap untuk menikah. Pasangan yang bahagia belajar untuk mengomunikasikan keluhan mereka dengan cara yang bergerak menuju kepuasan bersama, atau setidaknya saling memahami sudut pandang orang lain.

3. Tidak Bertengkar Sama Sekali

Jika kamu dan pasanganmu tidak bertengkar atau berdebat tentang suatu hal, maka itu bukan pertanda baik. Ini mungkin berarti kamu tidak cukup berkomunikasi tentang hal-hal yang sulit. Kemungkinan besar salah satu dari kalian takut akan menghancurkan hubungan dan tidak menyuarakan ketidakpuasan mereka tentang suatu masalah.

4. Merasa Tidak Nyaman Berbagi Rahasia dengan Pasangan

Pernikahan yang sehat dan penuh cinta terdiri dari dua orang yang saling mengetahui rahasia satu sama lain dan masih saling mencintai. Jika kamu menyembunyikan sesuatu yang signifikan, hubunganmu sebelumnya, atau lainnya itu tandanya kamu belum siap untuk menikah dengan pasanganmu saat ini.

5. Memiliki Nilai yang Tidak Sejalan dengan Isu-isu Penting

Ketika setelah kamu mengenal pasanganmu lebih baik, kamu menyadari bahwa kamu tidak melihat hal-hal penting seperti uang mulai dari pengeluaran, tabungan, cara membesarkan anak, etos kerja dan kegiatan rekreasi.

Menikah dengan seseorang berarti menikahi segalanya tentang mereka, bukan hanya bagian yang kamu nikmati. Jelas, kamu belum siap untuk menikah jika kamu tidak berada pada tujuan yang sama dalam hal nilai-nilai inti dan etika.

6.  Tidak Sepenuhnya Percaya pada Pasangan

Kepercayaan sangat penting dalam menjalani hubungan asmara, apalagi jika sudah menikah. Maka dari itu, jika kamu belum percaya sepenuhnya dengan pasanganmu, berarti kamu belum siap membangun keluarga bersama dengannya. Sebaiknya, tetap berpacaran hingga benar-benar yakin dia yang terbaik untukmu.

Well, sebelum kamu menyesal dikemudian hari, akan lebih baik jika memikirkan beberapa hal yang mungkin terjadi dalam kehidupan rumah tanggamu kelak. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading