10 Cara untuk Menghargai Pasangan dalam Hubungan Asmara

Mimi Rohmitriasih30 Sep 2022, 07:45 WIB
Diperbarui 30 Sep 2022, 07:45 WIB
bahagia valentine pelukan

Fimela.com, Jakarta Banyak pasangan yang menganggap bahwa cinta saja sudah cukup untuk membina hubungan asmara yang bahagia dan istimewa. Namun Sahabat Fimela, perlu kita tahu bahwa cinta saja tidak cukup untuk membina hubungan asmara yang istimewa apalagi untuk membawanya ke hubungan yang lebih serius yakni pernikahan. 

Ada banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah sikap saling menghargai antara kamu dan pasangan. Ketika kamu menghargai pasangan, ini akan membuat cinta di antara kalian semakin besar. Pun sebaliknya, ketika pasangan menghargai segala pendapat, keputusan dan ide-idemu, disadari atau tidak ini akan membuatmu merasa teristimewa. 

Mengenai menghargai pasangan, mengutip dari laman psychologytoday.com, ada beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan untuk menghargai pasangan. Apa saja cara tersebut?

Cara Menghargai Pasangan

Physical Touch (Sentuhan Fisik)
Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/Rosie

Banyak cara bisa kita lakukan untuk menunjukkan bahwa kita sangat menghargai, menghormati dan mendukung pasangan. Meski tak mudah, bukan berarti cara ini mustahil untuk kita lakukan bukan? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghargai pasangan. 

  1. Dengarkan apa yang menjadi impian, cita-cita dan harapan pasangan. Jadilah pendengar yang baik untuknya. 
  2. Jadilah orang pertama yang selalu ada untuk pasangan saat ia membutuhkan orang lain. Jadilah seseorang yang bisa jadi tempatnya untuk berkeluh kesah pun sandaran saat ia membutuhkanmu. 
  3. Sesekali beri pasangan pujian. Pujian sederhana yang kamu berikan pada pasangan namun tulus akan memberinya semangat dan berbagai kebaikan untuknya. 
  4. Hindari membanding-bandingkan pasangan dengan orang lain. Cukup terima pasangan secara apa adanya dan bersyukurlah telah memilikinya dalam hidupmu.
  5. Berbicaralah dengan pasangan menggunakan kalimat yang sopan, santun dan lemah lembut. Meski sederhana, cara ini bisa membuat pasangan merasa sangat bangga dan istimewa telah memilikimu di hidupnya.
  6. Jangan ceritakan masalah kalian kepada orang lain. Terlebih untuk masalah dapur rumah tangga. Cukup kalian yang tahu akan hal ini. Kalau pun ada masalah, bicarakan baik-baik dengan pasangan dan cari solusi bersama. 
  7. Jangan pupuskan setiap harapan atau semangatnya. Kalau memang harapannya sangat sulit dijangkau, paling tidak kamu tetap memberi dukungan lewat doa dan sesekali menasehati untuk yang terbaik bagi kamu maupun dia. 
  8. Sampaikan  bahwa kamu menghargai dan menghormati apa yang dilakukan pasangan. Tapi jujurlah jika ada suatu hal yang sudah tidak berada pada jalannya. Ingatkan pasangan jika apa yang ia lakukan tidak benar. 
  9. Tunjukkan rasa menghargaimu tak hanya di depan pasangan tetapi juga di depan keluarga dan teman-temannya. Ini akan membuat pasangan merasa cukup bangga dan bahagia. 
  10. Tetapkan dalam hati bahwa kamu bersyukur dan bahagia telah memiliki pasangan di hidupmu. Semakin kamu mensyukuri hal itu, akan semakin mudah bagimu untuk menghargai dan lebih mencintainya. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghargai pasangan. Semoga informasi ini bermanfaat. Semoga kita senantiasa memiliki hubungan bahagia karena kita dan pasangan saling menghargai juga menghormati.

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela