5 Cara Berhenti Mencintai Seseorang yang Menolak Perasaanmu

Endah Wijayanti05 Okt 2022, 14:35 WIB
Diperbarui 05 Okt 2022, 14:36 WIB
seribu cinta dan orang yang salah

Fimela.com, Jakarta Mengubah perasaan tidak selalu mudah. Kadang butuh waktu dan proses yang tak sebentar. Apalagi mengubah rasa cinta menjadi kembali biasa saja, ini bisa sangat sulit untuk dilakukan.

Hanya saja ketika ternyata cintamu tak berbalas dan orang yang kamu sukai menolak perasaanmu, maka pilihan paling bijak adalah melanjutkan hidup dengan hati yang baru. Saatnya untuk merelakan dia dan berhenti menaruh harapan terlalu tinggi kepadanya. Supaya hati bisa lebih tenang, ada sejumlah cara yang bisa dicoba untuk meluruhkan rasa cinta yang pernah ada.

 

 

1. Lakukan Hal Baik untuk Diri Sendiri

perempuan dan minum teh samping
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/JR-50

Lakukan sesuatu yang baik untuk tubuhmu. Luangkan waktu untuk merawat diri lebih baik lagi selama beberapa saat. Patah hati bisa terasa sakit sekali karena rasa sakitnya bisa memengaruhi kondisi fisik kita. Supaya rasa sakitnya tidak terus berlanjut, penting untuk merawat diri sendiri lebih dulu.

 

 

2. Beri Kesempatan pada Diri untuk Bersedih

perempuan dan minum teh masa lalu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/K-Angle

Membuat diri langsung berhenti mencintai seseorang yang tadinya begitu istimewa memang bukan hal mudah. Di sini kamu bisa coba untuk memberi kesempatan bersedih lebih dulu. Lepaskan semua rasa tidak nyaman di hati agar ada ruang baru untuk cinta yang lebih baik lagi. Menangis dan mengeluarkan air mata bisa menjadi salah satu cara untuk redakan kesedihan di dalam dada.

 

 

3. Hadirkan Sudut Pandang Baru

perempuan dan minum teh
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Mrsiraphol

Mengubah perasaan mungkin masih sulit ketika dilakukan di awal-awal usaha. Namun, mengubah pikiran bisa diupayakan dengan lebih cepat untuk membantu mengondisikan perasaan kita. Hadirkan sudut pandang baru soal cintamu yang tak berbalas bahwa penolakan yang terjadi bukanlah salahmu. Justru kamu sudah membuat pencapaian sendiri karena telah berani jujur dengan perasaanmu, maka fokuslah pada pikiran baik soal hal yang telah terjadi. Jika memang nantinya dia memang jodohmu, pasti akan ada jalan baru yang terbuka untuk mempermudah jalanmu.

 

 

4. Hindari Sikap Menyalahkan Diri

minum kopi teh tersenyum
ilustrasi perempuan santai/Farknot Architect/Shutterstock

Alih-alih terus berpikir kamu yang salah karena telah berani jatuh cinta, coba ganti dengan cara berpikir ini. Coba tanamkan pemahaman bahwa sebenarnya kamu sedang diuji agar bisa menjadi pribadi yang lebih kuat. Agar nantinya kamu benar-benar siap saat seseorang yang lebih baik dan tepat itu datang menjemputmu. Tak perlu menyalahkan diri atas penolakan yang terjadi agar dirimu bisa lebih ikhlas menghadapi realitas yang ada.

 

 

5. Buat Jarak Aman untuk Diri Sendiri

perempuan dan minum teh duduk
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/JR-50

Kamu bisa coba untuk membatasi diri agar tidak lagi stalking media sosialnya. Tidak lagi menghubunginya untuk hal-hal yang tak perlu. Bisa juga dengan mencari lingkungan yang baru dan berbeda dari lingkungannya. Intinya buat jarak aman untuk dirimu sendiri agar sebisa mungkin tak banyak bersinggungan dengan orang yang pernah kamu puja tersebut. Ini menjadi upaya untuk melindungi hati dan perasaanmu juga.

Semoga ke depannya kamu bisa lebih kuat dan tangguh lagi, ya. Walau pengalaman penolakan ini tak nyaman, tapi setidaknya dari sini kamu bisa mengapresiasi keberanian diri sendiri yang sudah berani jujur dengan perasaan sendiri.

 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela