3 Tips Agar Lebih Yakin Keluar dari Hubungan Asmara Tidak Sehat

Mimi Rohmitriasih06 Okt 2022, 10:45 WIB
Diperbarui 06 Okt 2022, 10:46 WIB
Galau

Fimela.com, Jakarta Hubungan yang tak sehat atau toxic relationship seringkali membuat seseorang merasa jenuh dan khawatir. Ini bahkan sering kali membuat seseorang merasa sangat tidak nyaman dan tidak bahagia dengan hubungannya. Ketika berada dalam hubungan yang tak sehat, apa yang bisa kita lakukan? Patutkah untuk tetap bertahan? Atau justru kita sebaiknya segera mengakhiri hubungan yang ada dan mencoba mencari kebahagiaan lain di luar sana. 

Kesalahan pasangan dalam hubungan adalah suatu hal yang biasa terjadi. Tapi jika kesalahan ini terus terjadi dan melukai jiwa maupun raga kita sehari-hari, alangkah baiknya jika kita lebih bijak dalam memutuskan untuk tetap bertahan atau keluar dari hubungan ini. 

Bagi orang-orang yang sedang berada dalam hubungan tak sehat, beberapa mungkin akan yakin untuk segera keluar dari hubungan yang ada. Tapi tidak sedikit orang yang takut untuk mengakui keadaan sebenarnya dan pura-pura bahagia dengan hubungannya meski hubungan itu seringkali menyebabkan luka mendalam di hatinya. Mengutip dari laman healthline.com, ada beberapa tips untuk lebih yakin keluar dari hubungan toxic. Tips tersebut antara lain sebagai berikut:

Terima Kenyataan, Percaya Semua akan Baik-Baik Saja

Galau
Ilustrasi/copyright unsplash.com/Rachael Crowe

Tips pertama adalah terima kenyataan bahwa hubunganmu memang tidak sehat. Jangan menyangkal bahwa kamu bahagia dengan hubunganmu. Jika kamu merasa tak bahagia, maka akui bahwa kamu memang tak bahagia. Ketika kamu berada di hubungan toxic dan ingin mengkhirinya, maka akhiri. Jangan ragu untuk melakukannya. 

Percaya saja bahwa setelah semuanya selesai, semua akan baik-baik saja. Kamu bisa lebih bahagia meski tanpa dia di sisimu. Yakinlah jika ada orang lain yang lebih sayang, peduli dan perhatian pada kebahagiaanmu.

Minta Nasehat dari Orang Terpercaya atau Ahlinya

perempuan sahabat
Ilustrasi/copyright shutterstock/MiniStocker

Jangan ragu untuk meminta saran dari orang terdekat dan terpercaya mengenai masalah hubunganmu. Jangan ragu untuk berbagi cerita jika kamu merasa hubunganmu tak sehat dan justru menghadirkan luka. Seseorang yang tulus padamu akan memberikan nasehat terbaiknya dan menyarankanmu untuk memutuskan suatu keputusan terbaik dengan banyak pertimbangan tentunya.

Sibukkan Diri dengan Aktivitas Positif

karakter zodiak
ilustrasi perempuan berkebun/Photo by Gary Barnes from Pexels

Sibukkan diri dengan berbagai aktivitas yang positif dan bersama orang-orang yang membawamu ke kehidupan yang lebih positif. Semua hal negatif yang pernah terjadi mungkin membuat pikiran kalut dan stres. Redakan hal itu dengan bersama orang-orang yang positif dan aktivitas yang positif. 

Itulah beberapa tips untuk meyakinkan diri keluar dari hubungan toxic atau hubungan tak sehat. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela