Sukses

Relationship

7 Cara Meminta Maaf Pada Pacar yang Kecewa

Fimela.com, Jakarta Sebuah hubungan tentu dibagun dari kepercayaan dan rasa saling menghargai, tentu hubungan yang akan terjalin dengan baik sangat perlu untuk berkomunikasi untuk menyelesaikan setiap masalah yang terjadi. Terkadang tanpa sengaja kita akan membuat pasangan merasa kesal atau marah, sehingga membuat kita perlu meminta maaf terhadap pasangan.

Meminta maaf kepada pasangan dengan kesalahan yang pernah kita perbuat mungkin terdengar menakutkan, tetapi ternyata hal satu ini sangat mudah untuk dipikirkan. Ada beberapa hal yang ingin didengar oleh pasangan ketika dia melakukan salah, selain meminta maaf.

Meskipun kesalahan yang dilakukan oleh setiap orang merupakan hal yang wajar, akan tetapi terkadang mengabaikan hal ini dapat merusak hubungan. Salah satu cara terbaik untuk mengakui kesalahan adalah meminta maaf dengan tulus. Nah, berikut beberapa cara meminta maaf pada pacar yang telah kita buah kecewa:

1. Pahami Apa yang Membuat Pasanganmu Kesal

Salah satu cara mengetahui meminta maaf dengan pacar adalah dengan mengetahui apa yang telah kamu perbuat sehingga harus meminta maaf. Ketahuilah apa yang membuat pasanganmu kesal sebelum minta maaf, dengan cara ini kamu akan lebih mengetahui perasaannya. Salah satu kunci meminta maaf dengan pacar yang baik yaitu menjelaskan bahwa kamu memahami apa yang membuat dia kesal.

2. Tenangkan Diri Sebelum Minta Maaf

Saat pasangan kesal justru kita akan menyulut emosi yang sama dan akhirnya tidak menemukan jalan keluar untuk suatu masalah yang sedang terjadi. Sebelum meminta maaf ada baiknya untuk meluangkan waktu untuk menenangkan diri serta memikirkan perasaan sebelum kamu meminta maaf. Jangan terburu-buru dan jangan sampai tersulut emosi saat kamu ingin meminta maaf.

3. Pastikan Bahwa Kamu Benar-benar Meminta Maaf

Mulailah dengan benar-benar mengucapkan “saya minta maaf”, kemudian kamu dapat mengakui kesalahan yang terlah kamu perbuat. Mungkin hal ini kedengarannya sangat sederhana akan tetapi dengan menyatakan kesalahan yang tengah kamu perbuat dengan pasangan dapat mengatasi apa yang sebenarnya terjadi.

4. Tanggung Jawab dengan Apa yang Diperbuat

Meminta maaf dengan pasangan mungkin menunjukkan adanya penyesalan yang telah terjadi, bertanggung jawab atas tindakan yang kamu lakukan dapat membuat pasangan akan memaafkanmu dan membuatmu mengerti arti tanggung jawab. Selain itu katakan apa yang sebenarnya terjadi dan lakukan hal yang dapat memperbaiki masalah untuk mencegah terulangnya masalah.

5. Hargai dan Pahami Perasaannya

Terkadang kita tidak dapat mengharapkan pasangan untuk memaafkan apa yang telah diperbuat serta menerima permintaan maaf untuk saat ini. Terkadang pasanganmu akan mebutuhkan waktu untuk menyembuhkan dan melepaskan perasaan yang menyakitkan, cobalah untuk memahami serta mengetahui apa yang membuat pasangan marah sehingga dapat melampiakan rasa kekecewaannya. Selain itu hargai dan pahami perasannya terlebih dahulu, jangan sampai kamu tersulut emosi saat dia melampiaskan amarahnya.

6. Diskusikan Masalah dengan Detail

Terkadang ketika seseorang sedang terluka maka perasaannya akan lebih mendalam dari reaksi seeorang yang melakukan kesalahannya. Saat suatu hubungan memiliki masalah yang mendalam cobalah untuk saling mengutarakan perasaan dan kesalahan apa yang telah diperbuat, jangan berharap untuk mendapatkan maaf dari pasangan secara langsung. Mendisukisikan masalah yang telah dihadapi sendiri dapat membuatmu dan pasangan saling mengetahui perasaan masing-masing.

7. Cobalah untuk Minta Pasangan Memaafkanmu

Langkah yang terkahir kamu dapat meminta pasangan untuk memafkan kesalahanmu, mungkin dia tidak langsung memaafkanmu karena rasa sakit yang dialaminya. Jika kamu sudah mengetahui apa yang telah kamu perbuat dengan pasangan, katakanlah dan segera tanggung jawab. Hal ini tentu akan membuat pasangan luluh dan memafkanmu.

Salah satu cara meminta maaf dengan pacar adalah membutuhkan empati serta kasih sayang yang mendalam, terutama melalui konfak fisik maupun mata. Ketika pasanganmu sedang berbicara jangan di interupsi justru hal ini akan membuatnya merasa kesal dan sulit memaafkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading