Sadari Mulai Sekarang, Inilah 3 Tanda bahwa Kamu Dimanipulasi oleh Pasangan

Gloria Trivena May Ary12 Nov 2022, 20:32 WIB
Diperbarui 12 Nov 2022, 20:36 WIB
Sadari Mulai Sekarang, Inilah 3 Tanda bahwa Kamu Dimanipulasi oleh Pasangan

Fimela.com, Jakarta Melakukan manipulasi dalam suatu hubungan sering sekali terjadi pada beberapa pasangan. Nggak hanya menyebabkan jalinan jadi toxic, orang-orang seperti ini biasanya dapat merusak pasangan yang dimiliki. Mereka cenderung ingin membuat sebuah jalinan di atas ego dan kontrol pribadi.

Selain itu, para pasangan manipulatif juga terkadang suka memaksakan kehendak kepada pihak lain. Mereka nggak peduli dengan apa yang dirasakan atau dipikirkan oleh pasangan. Untuk itu, jika kamu merasa sedang dikendalikan oleh orang seperti ini, sebaiknya berpisah dan meninggalkan ikatan tersebut. Lantas, bagaimana caranya agar tahu pasangan yang dimiliki manipulatif atau nggak? Berikut ini ulasannya.

1. Sering Dihantui Rasa Bersalah

Sadari Mulai Sekarang, Inilah 3 Tanda bahwa Kamu Dimanipulasi oleh Pasangan
(c) Shutterstock

Orang yang sering memanipulasi sebuah hubungan merupakan pribadi yang pintar dan kreatif. Mereka pandai dalam memainkan kata dan fakta agar dirinya nggak mudah disalahkan dalam situasi apapun. Meskipun berbuat salah, ia akan berusaha sebisa mungkin untuk menutupi hal tersebut dan bahkan dapat melemparkan kesalahan itu kepada pasangannya.

Selain itu, pasangan yang manipulatif juga akan memanfaatkan rasa insecure dari pihak lain. Sehingga orang tersebut akan tersudut dan mudah merasa bersalah. Pada akhirnya, hanya kamulah yang akan meminta maaf dan mengaku atas kesalahan yang nggak pernah dilakukan sebelumnya.

2. Selalu Menuruti Pasangan

Sadari Mulai Sekarang, Inilah 3 Tanda bahwa Kamu Dimanipulasi oleh Pasangan
(c) Shutterstock

Di dalam sebuah hubungan, pastinya ada hak untuk menentang atau menolak perkataan dan tindakan dari pasangan. Namun, memiliki orang yang manipulatif di sisimu, bisa membuat hal tersebut hilang dan nggak berguna. Pasalnya, pasangan seperti ini akan mendesak kamu untuk menuruti apa yang ia inginkan. 

Orang dengan tipe ini akan mempengaruhimu untuk melakukan semua kehendaknya tanpa terkecuali. Ia akan bersikap memelas agar kamu nggak menolak permintaanya. Sehingga, apapun yang menjadi harapannya, mau nggak mau harus kamu wujudkan. Alhasil, hanya kamulah yang mengalami kerugian dalam jalinan ini.

3. Merasa Kehilangan Jati Diri

Sadari Mulai Sekarang, Inilah 3 Tanda bahwa Kamu Dimanipulasi oleh Pasangan
(c) Shutterstock

Menjalani hubungan yang penuh akan hal-hal manipulatif sudah pasti membuatmu jadi kehilangan jati diri. Ini karena pasangan akan selalu menuntut kamu untuk melakukan apa saja yang diinginkannya, termasuk pula merubah sifat dan penampilan kamu. Nggak jarang, ia akan mengoreksi apa yang dirasa kurang dari dirimu dan bahkan memaksamu untuk memenuhi standarnya.

Apabila hal ini terjadi dalam waktu yang lama, kamu bisa merasa bingung dengan identitas diri sendiri. Pada akhirnya, bisa saja jati diri tersebut menghilang dan digantikan dengan apa yang pasanganmu tanamkan. Tentu kamu nggak mau mengalami hal begitu, bukan?

Jadi, itulah tanda-tanda dari pasangan yang manipulatif dalam sebuah hubungan. Kamu tentunya wajib untuk mengetahui hal-hal ini. Karena semakin awal memahaminya, maka kamu akan semakin terhindar pula hubungan yang toxic.

What's On Fimela