Sukses

Relationship

6 Alasan yang Salah saat Memutuskan untuk Menikah, Mulai dari Desakan Orangtua Hingga Ekspetasi yang Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Sangat normal memiliki perasaan akan takut menikah bagi setiap orang. Ada begitu banyak alasan mengapa mereka takut akan pernikahan, salahs atunya ketakutan akan rasa kesepian. Namun, ada juga orang yang sebenarnya belum siap menikah tapi memutuskan untuk menikah.

Perlu diingat bahwa pernikahan adalah keputusan yang harus dianalisis, diintrospeksi, dan dipikirkan dengan cermat oleh setiap orang. Tapi sangat disayangkan, karena beberapa orang menikah karena beberapa alasan yang salah. Lalu, seperti apa alasan salah tersebut? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Tekanan Sosial

Ketika semua orang di sekitarmu akan menikah, kamu mungkin merasakan banyak tekanan sosial untuk menikah. Karena tekanan tersebut kamu akhirnya memilih untuk menikah karena ingin mengakhiri tekanan orang sekitarmu.

2. Keluarga Mendorongmu untuk Segera Menikah

Selain masyarakat, tekanan keluarga adalah salah satu alasan terbesar mengapa orang menikah dengan seseorang atau orang lain dengan terpaksa. Anggota keluargamu mungkin terus-menerus mengejarmu untuk bertemu seseorang dan menikah agar mereka dapat hidup damai. Dorongan mereka untuk melihatmu tenang terkadang terlalu sulit untuk diabaikan.

3. Kamu Percaya Pernikahan akan Memperbaiki Masalahmu

Orang yang menikahi pasangannya dengan mentalitas bahwa menikah akan memperbaiki semua masalah yang ada dalam hubungan mereka adalah salah. Pernikahan menyatukan dua insan. Ini bukan perbaikan yang akan menyelesaikan masalah.

4. Pasangan Memberikan Deksan untuk Menikah

Ketika pasanganmu terlalu bersemangat untuk menikah dan memberimu desakan bahwa jika kamu tidak menyetujui pernikahan tersebut, mereka akan meninggalkanmu, itu bisa menjadi tanda bahaya besar. Kamu seharusnya tidak pernah merasa tertekan untuk menikah, terutama oleh pasanganmu. Setujui saja jika kamu siap secara mental.

5. Membuktikan Bahwa Kamu Serius dengan Hubunganmu

Pernikahan adalah fondasi dasar masyarakat dan sangat penting untuk membangun sebuah keluarga. Namun untuk itu, kamu tidak harus menikah untuk membuktikan kesucian hubunganmu. Pertama, kamu harus membuktikan apa-apa kepada siapa pun. Beberapa orang melihat pernikahan sebagai simbol status, beberapa melihatnya sebagai cara untuk berjejaring, sementara yang lain hanya melihat untuk memvalidasi keberadaan pasangan melalui pernikahan.

6. Merasa Bahwa dengan Menikah Hidup Tidak akan Terasa Sepi

Menikah dengan seseorang agar kamu tidak pernah kesepian bukanlah alasan yang baik sama sekali. Sendirian bisa sangat menyusahkan dan menakutkan, tetapi berkomitmen pada seseorang yang tidak kamu kenal atau tidak yakin, adalah keputusan yang sangat buruk. Jika kamu tidak bisa bahagia sendiri, kamu tidak bisa membuat pasanganmu bahagia.

Sekian alasan dan keputusan yang salah saat kamu memilih untuk menikah. Pernikahan adalah mengikat janji antara kamu dan pasangan, jadi pikirkan dengan matang sebelum memutuskan untuk menikah. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading