5 Bukti Dirimu Bisa Bahagia Lagi setelah Putus Cinta

Endah Wijayanti20 Nov 2022, 15:15 WIB
Diperbarui 20 Nov 2022, 15:15 WIB
surat ayah dan kehebatannya

Fimela.com, Jakarta Pengalaman putus cinta jelas sangat menyakitkan. Hati yang terluka, harapan yang sirna, dan harga diri yang terasa tak sama lagi membuat segalanya terasa muram dan menyedihkan. Sakitnya putus cinta bahkan bisa membuat kita seakan tak lagi bisa menemukan kebahagiaan.

Walau pengalaman putus cinta sangat pahit, yakin saja bahwa kamu masih bsia melanjutkan hidup dengan baik. Masih ada kebahagiaan yang bisa kamu rasakan dalam kehidupanmu. Saatnya untuk fokus pada sudut pandang yang lebih baik bahwa kamu masih bisa bahagia setelah melalui pengalaman menyakitkan itu.

 

 

1. Tidak Lagi Merasa sebagai Pusat Semesta

surat ayah dan cinta pertamanya
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/mariabamboo

Mengutip buku How to Love, gejala putus cinta biasanya akan menghilang dalam tiga hari sampai dua minggu. Bisa lebih cepat atau bahkan lebih lama karena intensitasnya bisa berbeda pada tiap orang. Saat kamu malah memilih untuk tenggelam dalam kesedihan terlalu lama, maka kamu akan makin sulit bangkit. Padahal kamu bukan pusat semesta sebab dunia masih terus berputar di saat kamu sedang bersedih. Saat kamu bisa lebih berdamai dengan keadaan, maka kamu bisa membuka ruang yang lebih luas untuk menyambut kebahagiaan.

 

 

2. Punya Inisiatif untuk Membahagiakan Diri

surat ayah dan kebersamaan singkat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Mrsiraphol

Untuk bisa bahagia, kamu perlu menciptakan dan mengupayakannya sendiri. Tak harus selalu melakukan hal besar, mahal, atau mewah untuk bahagia. Melalui hal-hal sederhana, kamu bisa bahagia. Saat kamu masih memiliki inisiatif untuk menemukan kesenangan dan kebahagiaan, maka kamu bisa meraih banyak warna baru dalam hidup.

 

 

3. Masih Merawat Diri dengan Baik

surat ayah dan titip rindu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Kanyanat+Kasemsook

Putus cinta memang sempat membuatmu terpuruk. Sampai ketika kamu sudah merasa cukup bersedih dan menerima semua perasaan yang ada, kamu memilih untuk merawat diri lebih baik. Keputusan untuk merawat diri lebih baik ini sudah menjadi sinyal baik bahwa kamu bisa bahagia lagi. Selalu ada ruang untuk menemukan hal-hal baik saat kita memperlakukan diri sendiri dengan baik pula.

 

 

4. Ada Cinta yang Masih Kamu Rasakan

surat ayah dan rindu yang tak sampai
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Twinsterphoto

Walau mungkin kamu tak lagi mendapatkan cinta dari seseorang yang sudah tak lagi bersamamu, kamu masih bisa menemukan dan merasakan banyak cinta dari berbagai bentuk dan hal lain. Cinta kepada diri sendiri, cinta kepda orang-orang yang selama ini ada di dekatmu, hingga cinta yang kamu hadirkan untuk kehidupanmu, selama masih ada cinta yang masih hadir dan dirasakan, maka kamu bisa bahagia.

 

5. Masih Bisa Tersenyum

surat ayah dan mirip berdebat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Mrsiraphol

 

Selama kamu masih bisa tersenyum, yakin saja kamu masih bisa merasakan dan mendapatkan kebahagiaan baru. Walau hari-hari yang disambut dan dijalani ke depannya tak lagi sama, tapi selama ada senyuman yang bisa dihadirkan maka kamu bisa membuka momen-momen indah yang baru. Berakhirnya sesuatu bisa menjadi pembuka untuk hal baik yang lebih indah.

Semoga dirimu bisa menjalani hari dengan hati yang lebih kuat lagi, ya. Terima kasih sudah bertahan dengan baik hingga saat ini.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela