6 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Setiap Pasangan saat Menghadapi Pertengkaran

Gayuh Tri Pinjungwati27 Nov 2022, 10:15 WIB
Diperbarui 27 Nov 2022, 10:15 WIB
couple

Fimela.com, Jakarta Pertengkaran adalah hal biasa di antara pasangan, tetapi jika sering terjadi, ada kemungkinan kamu mengulangi beberapa kesalahan saat berdebat. Kesalahan-kesalahan ini dapat merusak hubunganmu, membuatmu atau orang lain merasa tersiksa secara mental, lelah, dan bahkan kelelahan karena mempertahankan hubungan tersebut. Lalu, kesalahan apa saja yang kerap dilakukan pasangan ketika menghadapi pertengkaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Menggunakan Bahasa Tubuh yang Salah

Ketika kamu menggunakan bahasa tubuh defensif di tengah pertengkaran seperti menyilangkan tangan, berpaling, menggunakan gerakan jari, memutar mata, dan lainnya. Hal itu menambah kemarahan lawan bicara. Tindakan seperti mencibir, menggelengkan kepala, dan meremas-remas tangan dapat memperburuk situasi.

2. Memaksa Mengatasi Beberapa Masalah Sekaligus

Yang ini sangat umum dilakukan setiap pasangan. Bahkan jika pertengkaran dimulai dengan satu subjek, itu berubah menjadi pertarungan besar dengan beberapa subjek lain digabungkan menjadi satu. Perkelahian lama dan kesalahan masa lalu ditambahkan ke dalamnya. Kamu hanya dapat menangani satu masalah pada satu waktu dan dengan menggabungkan beberapa masalah lainnya, itu hanya akan membingungkan kalian berdua dan kalian akan menyadari bahwa pada akhirnya, tidak ada hasil.

3. Saling Menyalahkan

Couple marah
Ilustrasi/copyrightshutterstock/TimeImage Production

Sangat umum dan mudah untuk membangun kasus untuk membuktikan kesalahan pihak lain dan menyalahkan mereka atas semua ketidakbahagiaan dalam hidupmu, tetapi pada akhirnya jika praktik ini kamu lakukan, hanya akan merusak hubunganmu. Kamu mungkin merasa bahwa kamu telah memenangkan pertengkaran dan pasangan lain dalam hubungan tersebut telah kalah, tetapi sebenarnya kamu akan kehilangan pasangan dan hubungan saat kamu melakukan ini.

4. Tidak Mendengarkan Penjelasan Pasangan

Ketika kamu tidak mendengarkan apa yang dikatakan pasangan, kamu mungkin tidak tahu apa yang membuat pasanganmu begitu marah kepadamu. Penting untuk membiarkan pihak lain menyuarakan sisi cerita mereka, itu selalu bisa menjadi sesuatu yang tidak kamu duga. Ini bisa menjadi kesalahpahaman yang seharusnya diselesaikan beberapa waktu lalu.

5. Tempat dan Media Penyelesaian yang Salah

Telah dikatakan berkali-kali bahwa cara terbaik untuk berkomunikasi adalah komunikasi verbal. Gunakan telepon atau bertemu langsung dan berbicara. Saat kalian saling mengirim pesan, tidak ada yang bisa mengetahui ekspresi wajah atau nada kalian. Banyak pasangan memperburuk keadaan ketika mereka mengirim pesan untuk melenyesaikan masalah tersebut.

6. Terus Berdebat saat Lelah

Yang ini adalah kesalahan yang paling diremehkan. Ini mungkin terdengar lucu tetapi cukup penting untuk diperhatikan. Bertengkar saat kamu lelah atau lapar bisa membuatmu mengatakan hal-hal yang nantinya akan kamu sesali. Menurut sebuah penelitian, orang dengan glukosa rendah menunjukkan perilaku yang lebih agresif terhadap pasangannya.

Sekian beberapa hal yang kerap dilakukan setiap pasangan saat menghadapi pertengkaran. Tentu, kamu dan pasangan perlu saling mengendalikan emosi. 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓