Sukses

Relationship

5 Cara Kuatkan Diri setelah Mengalami Patah Hati

Fimela.com, Jakarta Pengalaman patah hati bisa membuat kita terpuruk. Bahkan bisa membuat kita merasa putus asa dan tak punya semangat untuk melanjutkan hidup kembali. Akan tetapi, dunia terus berputar dan kita perlu kembali menguatkan diri agar hidup bisa kembali bermakna.

Lima cara ini bisa dicoba untuk bantu kuatkan diri kembali setelah patah hati. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini. Semoga dengan cara-cara ini ada hati yang lebih kuat tumbuh di dalam dirimu.

 

 

1. Cintai Kembali Diri Sendiri dengan Sepenuh Hati

Saat kamu sudah bisa merawat dan menyayangi diri lebih baik lagi, maka kamu bisa memandang hidup dengan sudut pandang yang lebih luas lagi. Pengalaman patah hati mungkin akan membuatmu merasa kehilangan harga diri. Untuk memulihkan harga diri yang ada, kamu bisa coba untuk mencintai diri sendiri dengan lebih kuat lagi. Limpahkan lebih banyak kasih sayang untuk diri sendiri agar hati bisa makin tegar menjalani hidup.

 

 

2. Beri Diri Ruang untuk Bersedih Secukupnya

Bersedih secukupnya bisa bantu ringankan beban dan rasa tak nyaman di dalam diri. Menangis dan mengeluarkan air mata bisa bantu hadirkan hati yang lebih lega. Setelah kamu bersedih secukupnya dan berupaya untuk perlahan bangkit, ada ruang di hatimu yang terasa lebih lapang. Saat hati sudah lapang, jiwa akan terasa lebih kuat dan tegar lagi.

 

 

3. Ambil Hikmah dari Pengalaman yang Ada

Kamu yakin segala sesuatunya terjadi karena sebuah alasan. Keyakinan ini bisa membantukmu untuk memetik hikmah dari pengalaman patah hati yang kamu rasakan. Walau pengalaman patah hatinya sangat pahit, ada hikmah dan pelajaran penting yang bisa kamu petik. Setidaknya dengan pengalaman patah hati yang ada, kamu jadi lebih memahami diri sendiri dan mengenali perasaanmu sendiri. Sehingga ke depannya kamu bisa lebih berhati-hati dalam mengatur ekspektasi agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

 

 

4. Berdamai dengan Rasa Kesepian yang Menghampiri

Kesepian yang hadir tak perlu dicaci atau dibenci. Cukup hadirkan dan terima rasa kesepian yang ada. Setelah mengalami hari-hari sendu melewati patah hati, kita akan menyadari bahwa berdamai dengan kesepian merupakan salah satu cara ternyaman untuk bisa kembali melangkah ke depan. Berdamai dengan kesepian bagai berkawan lagi dengan diri sendiri, dan ini bisa membantu kita untuk kembali bangkit dari keterpurukan.

 

 

5. Sambut Hari Baru dengan Senyuman

Saat bangun di pagi hari, sambut hari baru dengan senyuman. Sepahit dan seburuk apa pun pengalaman patah hati yang ada, itu semua sudah menjadi bagian dari perjalanan dan proses pendewasaan diri. Jadi, tak perlu terlalu membencinya. Kini, fokus jalani masa kini dengan sebaik mungkin untuk hidup yang lebih baik.

Terima kasih sudah berjuang dan bertahan sebaik mungkin hingga hari ini. Semoga ke depannya kamu bisa menggapai kehidupan yang lebih indah lagi.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading