Sukses

Relationship

5 Cara Mencintai Seseorang dengan Bahasa Cinta Words of Affirmation

Fimela.com, Jakarta Love language atau bahasa cinta mungkin bukan lagi istilah yang asing bagi banyak orang zaman kini, apalagi mereka yang menjalin hubungan cinta dan ingin memahami bagaimana memberikan cinta yang tepat kepada pasangan. Menurut Dr. Gary Chapman, love language atau bahasa cinta dibedakan menjadi lima yaitu words of affirmation, acts of service, receiving gifts, quality time, dan physical touch. Jika kamu bersama dengan pasangan yang memiliki bahasa cinta words of affirmation atau menerima kata-kata cinta, ini sekian cara menunjukkan cinta padanya.

1. Katakan kamu cinta padanya

Sering-seringlah mengatakan kamu cinta dan sayang padanya secara langsung dengan kalimat yang jelas karena orang-orang dengan bahasa cinta words of affirmation menginginkan afirmasi, penegasan yang tampak langsung dan nyata di depannya. Kata-kata, "aku sayang kamu", "aku cinta kamu", "cintaku hanya untukmu", "kamu satu-satunya", "kamu yang selalu di hati" dan semacamnya adalah sesuatu yang ingin dia dengar dari orang yang mencintainya. Orang dengan bahasa cinta ini merasa paling dicintai ketika pasangan menyatakan cinta secara lantang dan terbuka.

2. Ungkapkan segala hal yang ingin ia ketahui

Orang dengan bahasa cinta words of affirmation umumnya ingin mengetahui segala hal secara terbuka dan tidak berbelit-belit, termasuk niat dan tujuanmu mendekatinya. Katakan bahwa kamu akan selalu berada di sisinya dalam suka dan duka, meyakinkannya bahwa menjalin hubungan dengannya bukan hanya untuk sementara tapi jangka panjang, atau kalian bisa membuka percakapan terbuka tentang hal-hal yang secara khusus memang ingin kalian ketahui dari satu sama lain. Orang dengan bahasa cinta words of affirmation menginginkan sikap terus terang dan kejelasan.

3. Puji penampilan dan pencapaiannya

Pujian adalah salah satu bentuk rasa cinta yang sangat disukai orang dengan words of affirmation. Ada banyak hal yang bisa dipuji dari seseorang, mulai dari penampilan, caranya tersenyum, caranya memperlakukan orang lain, caranya menatapmu dengan penuh cinta, pencapaiannya di kantor, kerja kerasnya dalam membangun bisnis dan lain sebagainya. Selalu temukan paling tidak satu hal yang menarik darinya, kemudian puji dengan tulus, misalnya potongan rambutnya baru, puji dia "kamu keliatan cakep dan rapi hari ini." Tunjukkan cinta dari hal-hal kecil yang ia lakukan. Ia merasa paling dicintai ketika pasangan memberi validasi atau mengakuinya. 

4. Minta maaflah dengan tulus

Minta maaf dengan tulus juga menjadi salah satu bahasa cinta yang ingin didengar orang dengan words of affirmation, apalagi jika kamu minta maaf dengan dibumbui rayuan, mengirim surat dengan tulisan tangan untuk mengungkapkan isi hati dan hal-hal semacamnya yang berhubungan dengan kata-kata verbal atau tulisan. Orang seperti ini juga menginginkan penjelasan sebelum bisa memaafkan, katakan apa alasan dia harus memaafkanmu dan mengapa kamu melakukan kesalahan tersebut. Ia ingin memastikan kamu menyadari kesalahanmu padanya. 

5. Dengarkan dan respon ceritanya

Ketika kalian ngobrol, pastikan menjadi pendengar yang baik dan merespon ceritanya dengan baik. Orang dengan words of affirmation suka sekali ketika pasangannya antusias mendengar ceritanya, menanggapi atau merespon setiap kisahnya dan mendengarkan dengan seksama. Itu adalah bentuk perhatian yang dia inginkan. Ia akan merasa sangat dicintai ketika didengarkan, dipedulikan dan ceritanya disimak dengan baik. Ia akan merasa lebih bahagia jika kamu menyambungkan cerita sebelumnya, karena itu tandanya kamu mengingat apa yang dia katakan.

Jadi jika ingin memberi atau menunjukkan cinta kepada orang-orang dengan bahasa cinta word of affirmation, lakukan semua hal di atas untuknya ya Sahabat Fimela.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading