Sukses

Relationship

5 Hal Bisa Kamu Pelajari Jika Dibesarkan Ibu Single Parent yang Tangguh

Fimela.com, Jakarta Tidak ada yang lebih mengagumkan ketimbang seorang ibu yang menjadi single parent, apalagi harus membiayai segala kebutuhan keluarganya sendiri. Ada banyak hal yang menyebabkan seorang perempuan menjadi single parent, dan meskipun berat dijalani, namun seringkali kondisi ini bisa memperkuat mentalnya.

Salah satu hal yang menjadi alasannya untuk bertahan terkadang adalah anak. Karena anak-anak, ia harus kuat dan tegar. Lalu apa yang bisa dipelajari seorang anak yang dibesarkan seorang ibu single parent? Ini yang kamu pelajari jika tumbuh dari ibu single parent sehingga menjadi pribadi yang mengagumkan.

1. Belajar kemandirian

Kamu tidak membutuhkan pria untuk menyelamatkan dan melindungimu dari kerasnya dunia. Justru kamu belajar untuk menjadi sosok independen, mandiri dengan kemampuanmu sendiri. Kamu menjalani hidup yang utuh dan bahagia tanpa bergantung pada orang lain. Kamu belajar memasak, mencuci baju, membersihkan rumah bahkan mengangkat galon, mengganti tabung gas dan memperbaiki kran yang rusak di rumah sendirian. Begitu tangguhnya dirimu sehingga bisa melakukan banyak hal yang menuntutmu untuk survive.

2. Belajar rasa percaya diri

Perempuan yang lahir dari ibu single parent akan tumbuh menjadi dua tipe perempuan, yaitu tipe minder karena suka membandingkan hidup yang dirasa "kurang", atau justru tipe percaya diri tinggi karena bangga memiliki ibu tangguh yang bertanggung jawab. Jika belajar sisi positifnya, kamu akan belajar bagaimana menjadi pribadi yang percaya diri seperti ibumu yang berjuang tanpa kenal lelah dan tidak menyerah dalam memenuhi kehidupan. Kamu yakin memiliki bisa melakukan apa pun dan memiliki kendali penuh atas pilihan hidupmu.

3. Belajar arti cinta tanpa syarat

Anak yang tumbuh dari ibu single parent akan belajar banyak tentang arti mencintai tanpa syarat. Kamu melihat ibumu yang mengorbankan waktu, energi, kesehatan dan bahkan masa mudanya untuk bekerja keras memenuhi kebutuhanmu. Jika itu bukan didasari atas cinta tanpa syarat, lalu apa? Karena cinta dan rasa sayangnya yang besar, kamu mampu hidup dan makan dengan baik. Ibumu bertanggung jawab, tidak ingin terlihat mengeluh betapa menderitanya dia, dan selalu memiliki senyum di wajahnya karena anaknya justru menjadi sumber motivasinya untuk menjalani hidup.

4. Belajar mencintai diri sendiri

Selama tidak kekurangan kasih sayang, anak yang tumbuh dari ibu single parent yang tangguh juga akan belajar menjauhkan diri dari hal-hal yang toxic atau merugikan dirinya sendiri. Mungkin ibumu tidak sempurna, pernah melakukan kesalahan di masa lalu sehingga memutuskan untuk membuat aturan dan batasan yang jelas agar kamu tidak perlu mengalami hal yang sama. Ia mengajarimu bahwa mencintai dan menghargai diri sendiri itu perlu, agar tidak selalu dimanfaatkan atau dianggap lemah oleh orang lain.

5. Belajar kuat mental

Kamu mungkin juga akan belajar tumbuh menjadi perempuan yang kuat mental. Sejak lama orang-orang mengejekmu karena tak punya ayah, menghina ibumu dengan berbagai macam cara dan meremehkan dari berbagai aspek, tapi kamu tahu bahwa orangtuamu 'cukup' untukmu. Kamu akan kebal dengan segala komentar buruk meski pernah sakit hati dan membandingkan diri dengan kehidupan orang lain hingga kamu tak mempan lagi untuk dijatuhkan. Belajar tentang kerasnya kehidupan membuatmu cenderung tahan banting dan tidak mudah rapuh di bawah tekanan.

Itu dia sekian hal yang kemungkinan akan kamu pelajari jika tumbuh dari ibu single parent.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading