Gempa Guncang Pacitan dengan Magnitudo 5,2 Tidak Berpotensi Tsunami

Vinsensia Dianawanti28 Jul 2021, 11:30 WIB
Diperbarui 28 Jul 2021, 11:30 WIB
Gempa 7 SR di Lombok Utara, BMKG: Peringatan Dini Tsunami Berakhir

Fimela.com, Jakarta Gempa bumi mengguncang Pacitan pada Selasa (28/7/2021) pukul 23.21 WIB dengan kekuatan magnitudo 5,2. Sumber Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyebut gempa bumi terjadi di kedalaman 10km pada koordinat 8,99 LS dan 111,40 BT.

Pusat gempa diketahui berada di 95 km arah tenggara Pacitan, Jawa Timur.

 

Getaran gempa dirasakan di sekitar wilayah Gunung Kidul dan Kepanjen dalam skala II Modified Mercalli Intensity, Tulungagung, Trenggalek, Blitar, Karangkates, Ngajuk dalam skala III MMI, dan Pacitan dalam skala III hingga IV MMI.

Mengutip dari laman BMKG, Skala Mercalli sendiri merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi, terutama jika tidak terdapat peralatan sesimometer di tempat kejadian.

 

Tidak berpotensi tsunami

[Fimela] Ilustrasi gempa
ilustrasi gempa | pixabay.com

Pada skala II, getaran dapat dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sementara pada skala III, gerakan dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Terakhir skala IV pada siang hari getaran dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela atau pintu berderik, dan dindin berbunyi.

Dari gempa bumi yang terjadi di Pacitan, tidak dilaporkan adanya potensi tsunami. Meski demikian, BMKG menghimau masyarakat agar tetap waspada atas kemungkinan terjadinya gempa susulan.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓