Rayakan Kemerdekaan Ke-76, Pasang Bendera di Rumah 1-31 Agustus

Anisha Saktian Putri02 Agu 2021, 17:00 WIB
Diperbarui 02 Agu 2021, 18:20 WIB
Pemerintah imbau pasangan bendera di rumah 1-31 Agustus 2021 sambut Kemerdekaan

Fimela.com, Jakarta Memasuki bulan Agustus menandakan sebentar lagi rakyat Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan ke-76 pada 17 Agustus 2021. Perayaan pun mulai terasa dengan berbagai lambang Kemerdekaan yang menghiasi jalan seperti bendera merah putih, umbul-umbul, dan hiasan lainnya.

Walau di tengah Pandemi Covid-19, sahabat Fimela tetap dapat memeriahkan Hari Kemerdekaan dengan mengibarkan bendera Indonesia di rumah masing-masing. Pemerintah pun mengimbau kementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk mengibarkan bendera Merah Putih di lingkungan masing-masing mulai 1 sampai 31 Agustus 2021.

Imbauan tertuang dalam surat yang diteken Menteri Sekretaris Negara Pratikno tertanggal 22 Juni 2021. Himbaun tersebut berisikan untuk tetap merayakan Kemerdekaan melalui daring dan pada 17 Agustus 2021, pukul 10.17 sampai 10.20 kementerian/lembaga serta pemerintah daerah diminta menghentikan semua kegiatan dan menyanyikan Indonesia Raya.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno juga merilis tema dan logo Kemerdekaan ke-76 pemberitahuan tersebut disampaikan melalui surat Mensesneg Nomor B-446/M/S/TU.00.04/06/2021 tertanggal 16 Juni 2021.

Berdasarkan surat Mensesneg yang diunduh pada laman setneg Kamis (17/6/2021), surat tersebut ditujukan kepada pimpinan lembaga negara, Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur Bank Indonesia, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, lembaga non struktural, gubernur, bupati dan wali kota se-Indonesia.

Filosofi logo kemerdekaan Tahun ini

Filosofi logo kemerdekaan Tahun ini/dok. Kementerian Sekretariat Negara (Setneg)
Filosofi logo kemerdekaan Tahun ini/dok. Kementerian Sekretariat Negara (Setneg)

Melansir situs resmi Kementerian Sekretariat Negara (Setneg), adapun tema peringatan HUT ke-76 RI tersebut adalah "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh" disertai angka 76 berwarna merah dan atau putih.

Tema ini mendeskripskan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam memenmpuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Makna tersebut dituangkan kedalam gambar komposisi dinamis antar bentuk geometris yang sederhana, namun kokoh, dan dalam perpaduannya bergeliat dengan energi yang lincah.

Makna dari logo tersebut ialah, stabilitas dan pembangunana, gerak dan pertumbuhan, ruang kebersamaan. persatuan dan harapan.

Dalam tulisan tema "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh", menggunakan font Lexend, di mana kita dapat bebas mengunduh dari Google Fonts. Lexend adalah tipe huruf utama yang akan digunakan untuk semua aplikasi desain dan branding dari 76 tahun Kemerdekaan Indonesia.

Untuk tulisan "Indonesia Tangguh", menggunakan varian font Lexend medium. Sedangkan tulisan "Indonesia Tumbuh", menggunakan varian font Lexend bold.

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela