4 Aturan COVID-19 yang Harus Dipatuhi Atlet di Olimpiade Tokyo 2020

Vinsensia Dianawanti03 Agu 2021, 15:00 WIB
Diperbarui 03 Agu 2021, 15:00 WIB
Ilustrasi atlet Olimpiade perempuan mengatur menstruasi mereka/unsplash Nicolas

Fimela.com, Jakarta Olimpiade Tokyo 2020 sempat ditunda akibat pandemi COVID-19. Meski momok COVID-19 masih menakutkan hingga detik, Olimpiade Tokyo 2020 berhasil diselenggarakan dengan sejumlah aturan.

Selama Olimpiade Tokyo 2020 berlangsung, para atlet harus mematuhi setiap aturan terkait COVID-19. Hal ini menjadi langkah penyelenggara untuk mengurangi potensi penyebaran infeksi.

Terlebih, Jepang telah memperluas keadaan darurat COVID-19 ke empat wilayah di luar Tokyo karena jumlah infeksi meningkat. Apa saja aturan yang harus dipatuhi atlet selama Olimpiade Tokyo 2020?

1. Tes PCR harian

Setiap hari para atlet harus menjalani tes PCR sebelum jam 10 pagi waktu Jepang. Dilanjutkan dengan mengukr suhu tubuh dan memasukkan kuesioner harian melalui aplikasi yang dibuat pemerintah Jepang. Sehingga mereka dapat melacak apa yang para atlet lakukan dan di mana mereka berada.

 

2. Hand sanitizer dan masker

Ilustrasi Atlet
Ilustrasi Atlet lari (Sumber: Pixabay/Pexels)

Ketika para atlet keluar dari apartemennya, penyelenggara telah menyediakan ribuan hand sanitizer. Diharapkan fasilitas ini dapat digunakan secara teratur saat berkeliling di sekitar lokasi.

Para atlet juga harus mengenakan masker saat berjalan dan tidak bertanding, termasuk saat berada di podium pemenang. Saat makan atau berlatih, para atlet boleh tidak menggunakan masker.

3. Sikap di hotel

Para atlet tidak diperbolehkan meninggalkan hotel sembarangan. Kecuali mereka akan berlatih dan berjalan kaki sekali sehari yang memang diizinkan. Itupun mereka akan tetap diawasi.

Ketika para atlet makan, mereka diharuskan duduk di belakang tirai plastik. Mereka juga tidak diperbolehkan menyajikan makanan sendiri demi keamanan. Para atlet juga tidak diperbolehkan melakukan interaksi langsung dengan publik, dengan jarak jauh. Keperluan wawancara media bisa dilakukan melalui zoom atau difilmkan dari jarak jauh.

 

4. Pasca kompetisi

Setelah atlet selesai berkompetisi dalam pertandingan mereka, harus meninggalkan Jepang dalam waktu dua hari. Jika melanggar aturan, akan dipulangkan lebih awal.

Beberapa atlet dilaporkan telah melanggar aturan ini. Salah satunya atlet Judo Georgia yang dilaporkan pergi jalan-jalan dengan perlengkapan olahraga. Kegiatan wisata tidak diizinkan untuk atlet.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela